Pengertian Sistem Komputer,Sistem Operasi Komputer,Perangkat Lunak,

Advertisement

Pengertia Sistem Komputer - Untuk postingan kali ini, Kami share mengenai pengertian sistem komuter dan komponen kompter lengkap dengan bagian-bagian unit sistem yang terdapat pada komputer,terbagi menjadi beberapa bagian,untuk kalian pas banget kalau emang masih sekolah dan tepat jurusan komputer ,untuk mengetahui ulasan seputar sistem pada komputer,silahkan langsung simak dibawah ini.




Pengertian Sistem Komputer
System Computer yaitu satu jaringan elektronik yang terbagi dalam Software serta Hardware yang lakukan pekerjaan spesifik (terima input, mengolah input, menaruh perintah-perintah, serta sediakan output berbentuk info). Diluar itu dapatlah disimpulkan sebagai elemen-elemen yang berkaitan untuk menggerakkan satu kesibukan dengan memakai computer. Bila Anda tertarik untuk memperdalam permasalahan itu, jadi jurusan yang begitu pas untuk Anda yaitu jurusan system computer.

Computer begitu menolong kesibukan manusia keseharian terlebih saat ini zamanya serba cangiih banyak pemakai computer dengan jaringan internet, dalam perihal atau seperti pemrosesan kata, pemrosesan angka, serta pemrosesan gambar bahkan juga, karenanya sahabat jangan pernah ketinggal.

Elmen Sistem Koputer
Elemen sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak komputer (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).

Komponen Sistem Komputer
Komponen sistem komputer terdiri dari central processing unit (CPU), module memory, slot tambahan (expansion slot) dan sirkuit elektronik seperti kartu yang menempati expansion slot dimana semua perangkat tersebut terpasang di dalam papan utama (main board) bersama dengan disk drive, kipas dan power supply. Semua perangkat di luar sistem unit seperti monitor, keyboard, mouse dan sebagainya secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan unit sistem membantu kinerja unit sistem. Selain membantu kinerja unit sistem, komponen ini juga bisa membantu sistem operasi untuk berjalan secara normal dan stabil.

Bagian-bagian dari Unit Sistem
1. Bagian Depan Unit Sistem
Sisi depan dari unit system umumnya dihuni oleh tempat drive yang bisa dipakai dari depan, internal driver seperti hard disk drive yang terinstall dengan cara internal didalam slot tempat kosong dsb. Umumnya unit system mempunyai type serta style yang bermacam bergantung dari keperluan pemakaian hardware yang bakal menempatinya. Pengertian unit system pada umumnya disamakan dengan juga “casing” computer meskipun sesungguhnya tak benar.

2. Motherboard
Motherboard yaitu satu papan integrasi di mana ada kumpulan chip yang mengatur semua aktivitas dalam PC serta ada satu chip paling utama yang diberi nama microprocessor (umum dimaksud processor saja). Motherboard dibagi jadi lima daerah fungsional yaitu sub system processor serta chip pendukungnya, sub system ROM, sub system RAM, adaptor terintegrasi I/O (Input/Output) serta I/O yang mencakup slot ekspansi. Chip-chip itu disusun dengan cara vertikal dengan pin 1 terdapat di kiri atas. Semasing komponen ditandai dengan kode identifikasi dari printed circuit board serta berikan nomer tempat chip dalam menambahkan order dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah hingga sangat mungkin dengan cara cepat bisa meletakkan IC pada board. Generasi dari motherboard dibedakan menurut atas kecepatan transfer data dalam unit bit (Binary Digit). Generasi pertama mempunyai kecepatan 8 bit lantas nampak generasi 16 bit dan 32 bit.

3. BIOS
BIOS adalah kepanjangan dari Basic Input Output Sistem serta bentuk aplikasi terendah didalam computer untuk mengintegrasikan kemampuan antar hardware serta system operasinya. Chip BIOS gampang dikenali, biasanya ada di permukaan chip BIOS di beri stiker yang menyebutkan merk BIOS seperti AMI atau AWARD. Untuk computer lama yang belum memakai bus PCI hingga BIOS dipasang permanen pada motherboard. Sekarang ini beberapa besar motherboard telah memakai Flash BIOS di mana isi dari BIOS bisa ditukar. BIOS type ini adalah ROM dengan type EEPROM (Electrically Erasable Read Only Memory). Sebagian chip ROM yang bukanlah EEPROM menghapusnya bukanlah dengan listrik namun dengan cahaya UV hingga chip ini di beri satu jendela kecil pada permukaan chip. Stiker penutup jendela dipakai membuat perlindungan chip ini dari sengatan cahaya matahari. Untuk melepas BIOS mesti hati-hati supaya pin tak ada yang bengkok atau patah. Pakai obeng kecil untuk menolong mengangkatnya.

4. Processor
Processor Adalah sisi paling utama sebagai otak dari PC. Di bagian ini semuanya aktivitas dalam PC dikontrol hingga dikatakan sebagai Central Processing Unit (CPU). Processor terdapat pada motherboard dengan ciri satu chip yang terbesar serta biasanya senantiasa di beri fan kecil yang berperan sebagai pendingin. Generasi processor diantaranya : 286, 386 (SX, DX), 486 (SX, DX, DX2, DX4), Pentium (60, 75, 90, 100, 120, 133, 166, 180, 200, 233) umum dimaksud Super AT, Pentium Pro untuk Server jaringan (150, 180, 200), Pentium Multi Media Extended (133, 166, 200, 233), Power AT yakni generasi Pentium II MMX (Celeron, 300, 333, 350, 400, 450), Pentium III (400, 450, 500, 600) serta generasi paling baru yang lain. Angka-angka yang ikuti type processor tunjukkan kecepatan transfer data dalam unit MHz atau GHz.

Disuatu kondisi spesifik bisa dikerjakan penambahan atau penaikan kecepatan dari processor yang diberi nama Up Grade. Untuk lakukan Up Grade mesti di ketahui jumper-jumper yang ada pada motherboard. Dalam Up Grade pada intinya yaitu menambah kemampuan processor di mana " memaksa " processor untuk bekerja demikian kali lebih cepat dari kemampuannya hingga dampak dari up grade yaitu processor lebih cepat panas serta mesti memberi fan yang lebih kuat atau pendingin yang semakin besar. Butuh di ketahui juga kalau dalam up grade upayakan jangan pernah Over clock yakni satu kondisi di mana processor bekerja melebihi kecepatan satu tingkat di atasnya. Umpamanya processor Pentium 100 di up grade jadi Pentium 180. Lantaran dampak yang diakibatkan dari up grade yaitu pemanasan berlebihan pada processor jadi dianjurkan tidak untuk lakukan up grade dengan langkah tersebut bila menginginkan processor mempunyai usia panjang.

5. Memory
Adalah sisi utama pada tiap-tiap system PC. Manfaat memory yaitu sebagai terminal data di mana data yang di kirim dari serta ke processor terlebih dulu disimpan dalam memory. Ada dua type memory yakni ROM (Read Only Memory) serta RAM (Random Access Memory). ROM adalah chip yang cuma bisa di baca serta tidak bisa ditulis. Data-data dalam ROM yaitu data yang pre-programmed (sudah diprogram oleh vendor) sebelumnya dipasang. ROM ini umumnya dipakai dalam BIOS computer.

Sedang RAM adalah chip yang bisa dibuka dengan cara acak (random) serta tak bergantung dari urutan alamat tempat memory. Karakter terutama dari RAM yaitu chip ini dapat ditulis atau di baca setiap waktu sesuai sama apa yang diinginkan pengguna sepanjang computer beroperasi. RAM sangat cocok untuk menaruh data sesaat. Apabila computer dimatikan jadi info atau data dalam RAM bakal terhapus. Type memory yang di jual di market diantaranya : SIMM (Single In line Memory Module) serta DIMM (Dual In line Memory Module). SIMM bekerja dengan isi ruangan kosong dalam memory dengan cara berurutan dari yang rendah ke yang tinggi. DIMM bisa isi ruangan kosong dalam memory dengan cara acak tanpa ada berurutan. Memory type SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) atau DDR mempunyai langkah kerjanya SIMM ingin juga DIMM hingga memory ini lebih fleksibel dipakai.
Itulah Perbedaan ROM dan RAM?

6. Cache Memory
Ada dua type bentuk chip cache memory yakni cache memory yang terbagi dalam sebagian chip atau IC pada soket spesial dengan besar 256 Kb serta untuk meng-upgrade jadi 512 Kb ditambahkan chip yang terpasang pada slot spesial. Sedang yang ke-2 yaitu cache memory yang terpasang pada 2 chip menempel pada motherboard dengan ukuran 512 Kb. Chip yang kerap digunakan yaitu merk Tech serta Winbond. Manfaat dari Cache memory yaitu melakukan tindakan sebagai buffer dari memory (RAM) hingga sistem transfer data bisa berjalan lebih cepat di mana tidaklah sampai berlangsung antrian panjang data pada RAM.

7. Expansion Slot dan Expansion Card
Expansion slots yaitu sockets yang dipakai untuk lakukan koneksi dengan cara segera kedalam electrical bus serta bisa ditambahkan sebagai circuit board didalam motherboard. Type Expansion Cards salah satunya yaitu Video Cards, Sound Cards, Modem Cards, Network Interface Cards (NIC). Laptops and portable computer umumnya mempunyai PC Cards sendiri, yakni kredit-card yang tidak tebal yang dipakai untuk memberikan memory, disk drives dsb. Sebagian slot yang dapat dipakai untuk menghubungkan dengan piranti penambahan salah satunya Peripheral Component Interconnect (PCI), Accelerated Graphics Port (AGP), Industry Standard Architecture (ISA), Universal Serial Bus (USB), Small Computer Sistem Interface (SCSI) serta Integrated Drive Electronics (IDE)

8. Port
Port yaitu soket yang bisa dipakai untuk tempelkan piranti dengan konektornya untuk dapat terkait dengan motherboard di mana piranti keras itu bergantung dari pergantian tehnologi yang berkembang. Umumnya ports bisa diketemukan pada belakang dari satu unit system tetapi atau ada di depannya.

Berikut ulasan diatas mengenai informasi pengertian sistem komputer dan komponen komputer lengkap dengan bagian-bagian dari Unit Sistem yang kami jelaskan diatas,cukup sampai disini dulu,semoga saja tulisan ini bermanfaat dan menjadi pelajar yang berguna dalam menuntut ilmu.