Pengertian TIK Singkatan Dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Advertisement

TIK - Perkembangan aktivitas manusia di permudah dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi,menggunakan sebuah peralatan teknologi informasi dan komunikasi memang sudah jamannya,peradaban manusia kini semakin canggih,untuk itu jangan sampai ketinggalan dan wajar untuk mengetahuinya,arti TIK yang saya jelaskan dibwah ini secara umum pengertiannya teknologi informasi dan komunikasi.


Pengertian TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi)
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berisi semuanya tehnologi yang terkait dengan perlakuan info. Perlakuan ini mencakup pengambilan, pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, penyebaran, serta penyajian info. Jadi, TIK yaitu tehnologi yang terkait dengan pengambilan, pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, penyebaran, serta penyajian info.

Dilihat dari susunan tuturnya, tehnologi info serta komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang semasing mempunyai arti sendiri. Kata pertama, tehnologi, bermakna pengembangan serta aplikasi dari alat, mesin, material serta sistem yang membantu manusia merampungkan masalahnya. Arti tehnologi kerap melukiskan penemuan alat-alat baru yang memakai prinsip serta sistem penemuan saintifik.

Kata ke-2 serta ketiga, yaitu info serta komunikasi, erat hubungannya dengan data. Info bermakna hasil pemrosesan, manipulasi serta pengorganisasian sekumpulan data yang berikan nilai pengetahuan (knowledge) untuk pemakainya. Komunikasi yaitu satu sistem penyampaian info (pesan, inspirasi, ide) dari satu pihak pada pihak lain supaya berlangsung jalinan sama-sama memengaruhi diantara keduanya.

Jadi bisa di sumpulkan kalau tehnologi info serta komunikasi yaitu hasil rekayasa manusia pada sistem penyampaian info serta sistem penyampaian pesan (inspirasi, ide) dari satu pihak pada pihak lain hingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, serta lebih lama penyimpanannya.

Mengenali Peralatan TIK

Kata info mempunyai arti sendiri serta dalam aplikasinya memerlukan alat atau hardware yang khusus. Begitu halnya kata komunikasi. Saat ini kita mengetahui demikian banyak alat komunikasi yang bikin jarak tak akan jadi permasalahan sepanjang alat komunikasi itu ada. Info bisa disiarkan atau di sampaikan ke satu maksud yang jauh memakai sebagian perlengkapan berikut ini.

1 .Komputer, yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.

2 .Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain seperti DVD Player.

3 .OHP (Over Head Projector), yaitu alat untuk menayangkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi.

4 .Internet, yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi.

5 .GPS (Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak, arah ataukecepatan benda yang berada di permukaan bumi.

6 .Faximile, yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli.

7 .Satelit komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi.

8 .Telepon, yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik.

9 .Handphone atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar.

10 .Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem merupakan perangkat penting untuk mengakses Internet.

11 .Radio, yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara.

12 .Televisi, yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual).

Demikian ulasan informasi pengertian TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) yg dapat kami share,semoga adanya informasi ini bermanfaat dan berguna untuk semuanya, Baca juga artikel terkai mengenai Sejarah Internet di postingan berbeda.