Pengertian Etika Secara Umum Lengkap Menurut Para Ahli

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Pengertian Etika - Dalam kehidupan sehari-hari terlihat etika manusia berbeda-beda baik dan buruk terlihat jelas,perlu kita ketahui etika sangat penting dalam khidupan,etika salah satu pedoman manuisa untuk jadi manusia teladan,untuk itu anda wajar mengetahui Pengertian etika secara umum bahkan benara menurut para ahli,baik dari penilaian etika baik atau buruk yang mesti kita ketahui,berikut dibawah ini ualasanya,biar lebih jelas dan lengkap silahkan simak langsung.

 Etika




Pengertian Etika
Dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara sampai pergaulan hidup tingkat internasional di butuhkan satu sistem yang mengatur bagaimana semestinya manusia bergaul. System penyusunan pergaulan itu jadi sama-sama menghormati serta di kenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan sebagainya. Maksud dasar pergaulan tak lain untuk melindungi kebutuhan semasing yang ikut serta supaya mereka suka, tenang, tentram, terlindung tanpa ada merugikan kebutuhannya dan terjamin supaya tindakannya yang tengah digerakkan sesuai sama kebiasaan rutinitas yang berlaku serta tak bertentangan dengan hak-hak asasi biasanya. Hal tersebut yang memicu tumbuh kembangnya norma di orang-orang kita.

Menurut beberapa pakar jadi norma tak lain yaitu ketentuan perilaku, kebiasaan rutinitas manusia dalam pergaulan pada sesamanya serta menyatakan mana yang benar serta mana yang jelek. Pengucapan norma atau umum juga dimaksud etik, datang dari kata Yunani ETHOS yang bermakna beberapa etika, nilai-nilai, beberapa aturan serta ukuran-ukuran untuk perilaku manusia yang baik, seperti yang dirumuskan oleh sebagian pakar di bawah ini : – Drs. O. P. SIMORANGKIR : norma atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran serta nilai yang baik. – Drs. Sidi Gajalba dalam systematika filsafat : norma yaitu teori mengenai perilaku perbuatan manusia dilihat dari sisi baik serta jelek, sejauh yang bisa ditetapkan oleh akal. – Drs. H. Burhanudin Salam : norma yaitu cabang filsafat yang bicara tentang nilai serta etika moral yang memastikan perilaku manusia dalam kehidupannya.

Norma dalam perubahannya begitu memengaruhi kehidupan manusia. Norma berikan manusia tujuan bagaimana ia melakukan hidupnya lewat rangkaian aksi keseharian. Itu bermakna norma menolong manusia untuk mengambil sikap serta melakukan tindakan dengan cara pas dalam melakukan hidup ini. Norma selanjutnya menolong kitauntuk memutuskan mengenai aksi apa yang butuh kita kerjakan serta yangpelru kita mengerti berbarengan kalau norma ini bisa diaplikasikan dalam semua segi atau segi kehidupan kita, dengan hal tersebut norma ini bisa dibagi jadi bagian-bagian sesuai sama segi atau segi kehidupan manusianya.

Pengertian Etika Etimologi - datang dari bhs Yunani yaitu “Ethos”, yang bermakna watak kesusilaan atau kebiasaan rutinitas (custom). Norma umumnya terkait erat dengan pengucapan moral yang disebut arti dari bhs Latin, yakni “Mos” serta berbentuk jamaknya “Mores”, yang bermakna juga kebiasaan rutinitas atau langkah hidup seorang dengan lakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), serta hindari beberapa hal aksi yang jelek. Norma serta moral kurang lebih sama pengertiannya, namun dalam aktivitas keseharian ada ketidaksamaan, yakni moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dikerjakan, sedang norma yaitu untuk pengkajian system nilai-nilai yang berlaku. Arti lain yang sama dengan norma, yakni :

TUJUAN MEMPELAJARI ETIKA
Untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruk bagi semua manusia dalam ruang dan waktu tertentu.

Penilaian Etika Baik Dan Buruk
Menurut Ajaran Agama, Adat Kebiasaan, Kebahagiaan, Bisikan Hati (Intuisi), Evolusi, Utilitarisme, Paham Eudaemonisme, Aliran Pragmatisme, Aliran Positivisme, Aliran Naturalisme, Aliran Vitalisme, Aliran Idealisme, Aliran Eksistensialisme, Aliran Marxisme, Aliran Komunism.

Pengertian Baik
Sesuatu hal dikatakan baik bila ia mendatangkan rahmat, dan memberikan perasaan senang, atau bahagia (Sesuatu dikatakan baik bila ia dihargai secara positif)

Pengertian Buruk
Segala yang tercela. Perbuatan buruk berarti perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma masyarakat yang berlaku

Pengertian Profesi
Belum ada kata sepakat mengenai pengertian profesi karena tidak ada standar pekerjaan/tugas yang bagaimanakah yang bisa dikatakan sebagai profesi. Ada yang mengatakan bahwa profesi adalah “jabatan seseorang walau profesi tersebut tidak bersifat komersial”. Secara tradisional ada 4 profesi yang sudah dikenal yaitu kedokteran, hukum, pendidikan, dan kependetaan.

PENGERTIAN PROFESIONALISME
Pengertian Profesionalisme adalah beberapa karakter (kekuatan, kemahiran, langkah proses suatu hal dan sebagainya) seperti yang sewajarnya ada pada atau dikerjakan oleh seseorang profesional. Profesionalisme berasal dari pada profesion yang berarti terkait dengan profesion serta membutuhkan kepandaian spesial untuk menjalankannya, (KBBI, 1994). Jadi, profesionalisme yaitu perilaku, kepakaran atau kualiti dari seorang yang profesional.

Ciri-ciri profesionalisme
1.Punya ketrampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang tadi
2.Punya ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan
3.Punya sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya
4.Punya sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya.

CIRI KHAS PROFESI
Menurut Artikel dalam International Encyclopedia of education, ada 10 ciri khas suatu profesi, yaitu:

1.Suatu bidang pekerjaan yang terorganisir dari jenis intelektual yang terus berkembang dan diperluas
2.Suatu teknik intelektual
3.Penerapan praktis dari teknik intelektual pada urusan praktis
4.Suatu periode panjang untuk pelatihan dan sertifikasi
5.Beberapa standar dan pernyataan tentang etika yang dapat diselenggarakan
6.Kemampuan untuk kepemimpinan pada profesi sendiri
7.Asosiasi dari anggota profesi yang menjadi suatu kelompok yang erat dengan kualitas 8.komunikasi yang tinggi antar anggotanya Pengakuan sebagai profesi
9.Perhatian yang profesional terhadap penggunaan yang bertanggung jawab dari pekerjaan profesi
10.Hubungan yang erat dengan profesi lain.

TUJUAN ETIKA PROFESI
Prinsip-prinsip umum yang dirumuskan dalam suatu profesi akan berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan perbedaan adat, kebiasaan, kebudayaan, dan peranan tenaga ahli profesi yang didefinisikan dalam suatu negar tidak sama.
Adapun yang menjadi tujuan pokok dari rumusan etika yang dituangkan dalam kode etik (Code of conduct) profesi adalah:

1.Standar-standar etika menjelaskan dan menetapkan tanggung jawab terhadap klien, institusi, dan masyarakat pada umumnya
2.Standar-standar etika membantu tenaga ahli profesi dalam menentukan apa yang harus mereka perbuat kalau mereka menghadapi dilema-dilema etika dalam pekerjaan
4.Standar-standar etika membiarkan profesi menjaga reputasi atau nama dan fungsi-fungsi profesi dalam masyarakat melawan kelakuan-kelakuan yang jahat dari anggota-anggota tertentu
5.Standar-standar etika mencerminkan / membayangkan pengharapan moral-moral dari komunitas, dengan demikian standar-standar etika menjamin bahwa para anggota profesi akan menaati kitab UU etika (kode etik) profesi dalam pelayanannya
6.Standar-standar etika merupakan dasar untuk menjaga kelakuan dan integritas atau kejujuran dari tenaga ahli profesi

Perlu diketahui bahwa kode etik profesi adalah tidak sama dengan hukum (atau undang-undang). Seorang ahli profesi yang melanggar kode etik profesi akan menerima sangsi atau denda dari induk organisasi profesinya.

Berikut diatas mengenai seputar Pengertian Etika secara umum menurut para ahli yang begitu jelas diulas dari awal sampai ahir,nah sekian dulu infonya,semoga saja bermanfaat untuk semuanya,terimakasih atas kunjungan ke web sederhana ini.



Advertisement