Pengertian Menulis Dan Tujuan Menulis Lengkap Menurut Tarigan

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Pengertian Menulis Dan Tujuan Menulis - Menulis adalah aktivitas melahirkan fikiran serta perasaan dengan tulisan. Bisa pula disimpulkan menulis yaitu berkomunikasi mengungkap fikiran, perasaan, serta kehendak pada orang lain dengan cara tercatat (Suriamiharja1997:2).

Berikut dibawah ada beberapa Pengertian Menulis Dan Tujuan Menulis terangkum lengkap menurut tarigan,untuk lebih jelas dan detailnya silahkan simak saja langsung.

Pengertian Menulis Dan Tujuan Menulis

Parera (1993:3), menyampaikan kalau menulis adalah satu sistem bisa disimpulkan dengan lewat sebagian step terkait dengan menulis. Menulis adalah menurunkan atau menggambarkan beberapa simbol grafik yang melukiskan satu bhs yang dipahami oleh seorang, hingga orang- orang lain bisa membaca beberapa simbol grafik itu bila mereka mengerti bhs serta deskripsi grafik itu (Tarigan 2008:22).

Menurut Sujanto (2009:58), menulis adalah satu sistem yang dikerjakan oleh seorang yang dimaksud penulis dengan memakai bhs sebagai medium untuk di baca oleh pembaca sebagai tujuan. Dari sebagian pendapat diatas, bisa diambil kesimpulan kalau menulis yaitu aktivitas menuangkan/mengungkapan inspirasi, fikiran, serta perasaan dianya pada orang lain atau pada dianya berbentuk tulisan.

Manfaat menulis
Akhadiah, dkk (1998:1), menyampaikan kalau faedah menulis diantaranya : dengan menulis kita bisa lebih mengetahui kekuatan serta potensi diri kita, lewat aktivitas menulis kita meningkatkan beragam ide, aktivitas menulis memaksa kita semakin banyak menyerap, mencari, dan kuasai info berkenaan dengan tema yang kita catat, menulis berarti

mengorganisasikan ide dengan cara systematik dan mengungkapkannya dengan cara tersurat, lewat tulisan kita akan meninjau dan menilainya ide kita sendiri dengan cara lebih objektif, dengan menuliskan diatas kertas, kita semakin lebih gampang memecahkan permasalahannya, aktivitas menulis yang terencana bakal membiasakan kita memikirkan dan berbahasa dengan cara teratur.

Menurut Tarigan (2008:3), menulis adalah satu ketrampilan berbahasa yang dipakai untuk berkomunikasi otomatis, tak dengan cara tatap muka dengan lain. Faedah menulis faedah menulis pertama, menyebabkan rasa menginginkan tahu (curiocity) serta melatih kepekaan dalam lihat satu kenyataan di sekitaran. Ke-2, mendorong kita untuk mencari rujukan seperti buku, majalah, koran, jurnal, serta semacamnya. Ketiga, kita terlatih untuk membuat pemikiran serta alasan kita dengan cara runtut, systematis, serta logis. Ke empat, dengan cara psikologis bakal kurangi tingkat kemelut serta stress kita.

Ke lima, hasil tulisan kita dimuat oleh mass media atau diterbitkan oleh satu penerbit serta akhirnya kita memperoleh kenikmatan batin lantaran tulisannya dikira berguna untuk orang lain, diluar itu peroleh honorarium (penghargaan) yang menolong kita dengan cara ekonom. Ke enam, tulisan kita bakal di baca banyaknya orang serta bikin sang penulis popular serta di kenal oleh umum pembaca.

Tujuan Menulis
Hugo Hartig (dalam Tarigan 2008:24), mengemukakan pendapatnya mengenai tujuan menulis yaitu.
1) Tujuan Penugasan (Assignment Purpose), tujuan penugasan ini sebenarnya tidak mempunyai
tujuan sama sekali. Tujuan menulis sesuatu karena ditugaskan bukan atas kemauan sendiri.

2)Tujuan Alturuistik (Alturuistic Purpose), penulis bertujuan untuk menyenangkan para pembaca, ingin menolong pembaca memahami, menghargai perasaan dan penalarannya dan ingin membuat hidup para pembaca lebih mudah dan menyenangkan dengan karyanya itu.

3) Tujuan Persuasif (Persuasive Purpose), tulisan yang bertujuan untuk meyakinkan para pembaca akan kebenaran gagasan yang diutarakan.

4) Tujuan Informasi (Informational Purpose), tulisan yang bertujuan memberi informasi atau keterangan atau penerangan kepada para pembaca.

5) Tujuan Pernyataan Diri (Self Expressive Purpose), tujuan ini erat hubungannya dengan tujuan
pernyataan diri, tulisan yang bertujuan mencapai nilai-nilai artistik atau nilai-nilai kesenian.

6) Tujuan Kreatif (Creative Purpose), tulisan yang bertujuan untuk memecahkan masalah, menjelaskan, menjernihkan, menjelajahi, serta meneliti secara cermat pikiran-pikiran dan gagasannya sendiri agar dapat dimengerti dan diterima oleh para pembaca.

Menurut D’Angelo (dalam Tarigan 1987:22), maksud menulis yaitu memproyeksikan suatu hal tentang diri seorang. Tulisan memiliki kandungan suara yang cocok dengan maksud serta maksudnya. Bisa diterangkan kalau menulis bukan sekedar mengharuskan pilih satu pokok perbincangan yang pas serta sesuai sama, namun harus juga memastikan siapa yang bakal membaca tulisan itu, dan apa maksud serta maksud ia menulis.

Demikian,seputar informasi mengenai Pengertian Menulis Dan Tujuan Menulis lengkap menurut tarigan dan para ahli,semoga saja bermanfaat dan menjadi suatu pelajar berguna untuk semuanya.



Advertisement