Fungsi Mekanisme Katup

Advertisement
Fungsi Mekanisme Katup - Mekanisme Katup sendiri yaitu System untuk menggerakkan katup baik dengan cara manual ataupun hidrolis. serta dalam periode waktu spesifik mekanisme itu mesti di standartkan lagi, atau di setel lagi supaya tenaga mesin seperti awal mulanya, lantaran mekanisme katup mengatur membukanya katup sesuai sama waktunya. Meskipun kecepatan optimal kendaraan, katup akan tidak hingga salah dalam buka ataupun tutup, oh iya KATUP sendiri datang dari kata buKa serta tuTup hingga di singkat jadi KATUP, sesuai sama manfaat komponen itu. Katup ada juga dua type yakni :

  • Katup IN: katup untuk intake manifold
  • Katup EX : katup untuk exhaust manifold
Menstandartkan celah katup, menggunakan alat yang benama feeler gauge, biasanya untuk Mobil Kijang Super celah katup untuk IN adalah 0,2 dan 0,3.
Jenis jenis dari mekanisme katup berdasarkan jenis penggeraknya adalah

  • OHV ( Overhead Valve )
yaitu katup berada diatas silinder block dan noken as atau camsaft berada di silinder block, jadi menggunakan batang pendorong atau yang sering disebut push rod, dan juga valve lifter, seperti gambar dibawah ini :


  • OHC ( Overhead Camsaft )
pada tipe berikut ini, camsaft langsung menggerakkan rocker arm tanpa push rod maupun valve lifter, gambarnya di bawah :

  • DOHC ( Doubel Overhead Camsaft )
Pada tipe ini sama dengan tipe OHC hanya saja ada 2 camsfat dan tentunya katupnya bertambah. sehingga pada tipe ini satu silinder menggunakan 4 katup sekaligus, 2 katup IN dan 2 katup EX.

Mekanisme Katup

Demikian Pengertian Jenis Jenisnya Dan Fungsi Mekanisme Katup Pada Mobil dengan 3 jenis pergerakan katup di atas tersebut,cukup sampai disini informasi otomotif yg dapat saya sampaikan semoga saja bermanfaat dan menjadikan pengetahuan yang berguna,.