Pengertian Dan Fungsi Manfaat Makanan Bagi Tubuh Manusia

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Manfaat Dan Fungsi Makanan Bagi Tubuh - Manusia pastinya memerlukan makanan yang sangat bergizi agar kestabilan tubuh terjaga juga aktivitas akan lancar, tidak kecuali Manusia. Kwalitas Kesehatan badan sangatlah ditetapkan oleh kwalitas darahnya. Kwalitas darah sangatlah ditetapkan oleh kwalitas makanan yang dikonsumsi dengan mmengandung fungsi berguna untuk tubuh . Tiap-tiap manusia mempunyasatui keperluan makan yang tidak sama, tiap-tiap bahan makanan juga mempunyai kandungan gizi yang khusus.
Didalam bahan makanan terdapat beragam zat yang dibutuhkan oleh badan. Beberapa zat itu diantaranya : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serta air. Supaya bisa digunakan oleh badan, jadi beberapa zat itu mesti diolah terlebih dulu.

Fungsi Dan Manfaat Makanan Bagi Tubuh, fungsi makanan bagi tubuh makhluk hidup, fungsi makanan secara umum, bahaya mengkonsumsi alkohol bagi tubuh, proses pencernaan pada manusia terjadi secara, jelaskan 5 fungsi makanan pada tubuh manusia, sebutkan 4 fungsi makanan pada manusia, berikut adalah fungsi fungsi makanan bagi tubuh kecuali, jelaskan mengapa makan pedas pada malam hari dapat mengakibatkan insomnia

Hasil pencernaan ini berbentuk sari-sari makanan. Sari-sari makanan berikut yang bakal diserap oleh badan kita. Supaya sistem pencernaan jalan dengan baik maupun prima, jadi organ-organ pencernaan juga mesti bekerja dengan prima. Bila satu diantara organ pencernaan kita sakit, jadi sistem pencernaan bakal terganggu.

Lama sistem pencernaan di pengaruhi oleh : type makanan (padat/cair, organik/kimia, memiliki serat/tak, dsb), kwalitas organ-organ pencernaan, langkah makan/minum, keadaan kejiwaan/psikologis, serta kesibukan kita.

Jumlah kandungan gizi pada bahan makanan ini utama, namun yang lebih utama yaitu seberapa banyak gizi itu yang tercerna/terserap oleh badan kita. Didalam badan sebagian makanan tidak bisa diserap dengan cara prima. Umumnya karbohidrat, lemak serta protein diserap 98%, 95%, serta 92%.

Ada fungsi Fungsi Makanan untuk Kesehatan (Tubuh) yang sangat bermanfaat, salah satunya yaitu :

1. Penyedia energi/bahan bakar.
Zat-zat makanan yang telah melalui serangkaian proses pencernaan dalam tubuh akan menghasilkan energi/bahan bakar yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Tanpa adanya energi kita tidak akan dapat melakukan aktivitas sehari-hari sperti bekerja, belajar, berolahraga, dan aktivitas-aktivitas lainnya.

2. Pertumbuhan dan Pembangunan Tubuh.
Pertumbuhan dan pembangunan tubuh dimulai sejak kita lahir dan berlangsung selama kita hidup. Bahan-bahan untuk pertumbuhan dan pembangunan tubuh ini bersumber dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

3. Pemeliharaan Jaringan dan Perbaikan Jaringan tubuh (regenerasi).
Untuk melakukan fungsi tubuh secara normal sangat tergantung pada kesehatan jaringan-jaringan yang ada. Apabila terdapat kerusakan pada jaringan atau jaringan tersebut sudah tua, maka diperlukan makanan untuk membangun kembali jaringan yang telah rusak sehingga jaringan tersebut dapat berfungsi kembali secara optimal.

4. Pengaturan Proses-Proses Tubuh
Didalam tubuh manusia banyak sekali proses yang terjadi. Disini makanan mempunyai peranan untuk mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan cairan tubuh melalui unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.

5. Pertahanan Tubuh Terhadap Penyakit (antibodi)
Vitamin sebagai salah satu unsur yang terkandung dalam makanan memberikan fungsi dalam mempertahankan kekebalan tubuh, karena kekurangan terhadap salah satu vitamin yang terkandung dalam makanan dapat menimbulkan penyakit.

Untuk menggerakkan seluruhnya manfaat itu diatass, kita mesti cukup konsumsi makanan yang betul-betul sehat serta memiliki kandungan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh badan. Tidak ada makanan yang memiliki kandungan unsur-unsur yang dibutuhkan badan, badan akan tidak dapat menggerakkan fungsinya dengan cara normal yang selanjutnya bakal menyebabkan masalah pada kesehatan.

Mengenai kriteria makanan yang baik yaitu seperti berikut :

  1. Makanan harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan air. Zat-zat tersebut adalah zat gizi yang digunakan oleh tubuh untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan sel-sel yang rusak, serta penyedia energi untuk beraktivitas. Presentase kebutuhan yang baik adalah: Karbohidrat (10-45%), lemak (10-25%), dan protein (10-15%). Vitamin dan mineral yang termasuk dalam makanan mikro (mikro nutrient) jga diperlukan oleh tubuh untuk pemrosesan zat makanan di dalam tubuh.
  2. Makanan harus cukup mengandung kalori untuk sumber tenaga. Kalori yang dihasilkan oleh karbohidrat dan lemak dapat dijadikan sebagai sumber energi tetap untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
  3. Makanan harus mudah dicerna. Makanan yang berasal dari hewan lebih mudah dicerna daripada makanan yang berasal dari tumbuhan. Makanan yang sulit dicerna akan mengakibatkan kerja sistem pencernaan tubuh kita menjadi lebih berat, selain itu akan menyulitkan penyerapan unsur-unsurnya.
  4. Makanan harus mengandung cukup serat. Makanan yang berserat berpengaruh positif terhadap proses-proses di dalam saluran pencernaan dan metabolisme zat-zat gizi. Asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan, makanan berserat berfungsi untuk mempermudah pengeluaran fases (anti konstipasi).
  5. Makanan harus mengandung cukup air. Apabila makanan tidak mengandung cukup air, maka kerja sistem pencernaan akan menjadi berat. Selain itu makanan yang mengandung banyak cukup air akan mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan , karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.
  6. Makanan harus mengandung sedikit mengkin zat aditif yang dapat merugikan kesehatan. Banyaknya zat aditif yang ditambahkan pada makanan baik selama proses maupun sesudah pengolahan (siap konsumsi) bila dalam takaran yang tidak tepat dapat berefek buruk pada kesehatan.

kita sebaiknya bisa pilih dengan cara bijaksana,memastikan apa yang kita makan, bagaimana caranya makan, bisa memastikan apakah anda atau kita semua bakal sehat atau bakal sakit serta berapakah lama kita bakal hidup cuma tuhan yang tau,namun itu juga mungkin tergantung dengan kita sendiri,somoga adanya penjelasan Manfaat Dan Fungsi Makanan Bagi Tubuh Manusia (Kita)diatas bermanfaat untuk semuanya.


Advertisement